Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Non Formal

10 Sep 2009

Pendidikan adalah salah satu syarat mutlak dalam peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM). Di samping pendidikan formal, pendidikan non formal (PNF) mempunyai andil yang besar dalam menjawab permasalaham SDM, khususnya di Indonesia. Dalam fungsinya sebagai penambah dan pelengkap pendidikan formal, maka PNF berupaya untuk memberdayakan masyarakat melalui berbagai programnya.

Pendidikan Usia Dini telah mulai tumbuh dan berkembang sampaike pelosok pedesaan. Ini membuktikan tingkat kepedulian masyarakat akan arti penting pendidikan semakin nyata. Program penuntasan buta huruf dengan Pendidikan Keaksaraannya mulai tingkat dasar sampai mandiri, telah ikut meningkatkan ranking Indonesia dalam Human Development Index. Dengan demikian sangat diharapkan Indonesia benar-benar dapat tuntas buta huruf. Didukung pula dengan kelanjutan program ini menuju Kejar Paket A, B dan C, dengan kurikulum nasional dan system pembelajaran yang fleksibel sesuai kebutuhan masyarakat dalam penambahan ketrampilan vocationalnya.

Program Life Skill dengan berbagai jenis bidang ketrampilan, seperti pertanian, peternakan, perikanan, pertukangan, las, otomotif, computer, juga ketrampilan wanita seperti tata kecantikan, memasak, menjahit, dsb, menjadikan sarana ngangsu kawruh semakin luas bagi masyarakat. Diharapkan dari program-program tersebut dapat mencetak sdm yang terampil dan mampu meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya.

Jadi dengan semakin majunya program pembelajaran di PNF menjadikan tidak ada alasan untuk tidak belajar bagi masyarakat. Marilah kita bersama-sama ikut menyemarakkan program PNF ini agar masyarakat Indonesia benar-benar menjadi mandiri dan berdaya saing tinggi dalam kancah globalisasi dunia.


TAGS


-

Author

Follow Me